Apa itu STSN?

STSN

Kantor saya, Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN), merupakan salah satu Perguruan Tinggi Kedinasan di Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan profesional di bidang persandian setingkat Diploma 4 (D4). STSN berada di bawah dan bertanggung jawab secara langsung kepada Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg). STSN merupakan peningkatan status dari Akademi Sandi Negara (AKSARA) yang berdiri sejak tanggal 16 Februari 1974.

STSN memiliki visi :

“terdepan dalam keilmuan, pengembangan dan penerapan persandian”.

Dalam rangka mewujudkan visi tersebut, STSN melaksanakan misi sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang persandian.
  2. Membentuk SDM persandian yang berkarakter dan bermoral.
  3. Menyiapkan SDM sandi yang memiliki kompetensi dalam bidang manajemen persandian, rancang bangun peralatan sandi, kriptoanalisa, serta tanggap terhadap perubahan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  4. Melakukan penelitian ilmu kriptografi dan ilmu pendukung yang berbasis open system dan berorientasi kepada penerapan sesuai kebutuhan pengguna persandian.

Dilihat dari sudut pandang “proses bisnis”, STSN menjalankan bisnis jasa pendidikan. STSN memiliki input SDM lulusan SLTA/sederajat yang telah melalui proses seleksi, kemudian mengalami proses pendidikan selama kurun waktu 4 (empat) tahun sesuai kurikulum STSN, dan output nya adalah sumber daya manusia Sandi yang memiliki keilmuan persandian dan siap untuk di tempatkan di seluruh Instansi Pemerintah.

Skema "Bisnis" STSN

Dari segi “bisnis”, dapat dikatakan bahwa customer dari STSN adalah Lemsaneg dan mahasiswa/orang tua, sedangkan stakeholder dan investor dari STSN adalah Pemerintah/Negara (melalui APBN).

Struktur Organisasi

Struktur Organisasi STSN

susunan organisasi dan uraian tugas masing-masing satuan organisasi yaitu :

  1. Ketua dan pembantu ketua, mempunyai tugas memimpin perencanaan dan pengembangan akademik, penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat serta membina tenaga kependidikan, mahasiswa, tenaga administrasi, dan administrasi STSN serta hubungan dengan lingkungannya.
  2. Senat STSN, yaitu badan normatif dan perwakilan tertinggi pada STSN. Mempunyai tugas pokok merumuskan kebijakan akademik dan pengembangan STSN, merumuskan kebijakan penilaian prestasi akademik dan pengembangan kecakapan serta kepribadian sivitas akademika, merumuskan norma dan tolak ukur penyelenggaraan STSN, memberikan pertimbangan dan persetujuan atas Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja STSN yang diajukan oleh pimpinan STSN, menilai pertanggung jawaban pimpinan STSN atas pelaksanaan kebijakan yang telah ditetapkan.
  3. Jurusan, yaitu unsur pelaksana akademik yang mempunyai tugas menyusun rencana dan melaksanakan kegiatan pendidikan dan pengajaran.
  4. Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, yaitu unsur pelaksana sebagian tugas STSN di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Unit ini menyelenggarakan fungsi pelaksanaan penelitian ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya di bidang persandian dalam kaitan pengembangan STSN dan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat.
  5. Unit Laboratorium, adalah sarana penunjang pendidikan dalam hal peningkatan kemampuan terapan di bidang teknologi persandian.
  6. Unit Perpustakaan, adalah unsur penunjang kegiatan akademik yang menyediakan layanan bahan pustaka dan audio visual untuk keperluan pendidikan, penelitian, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pengabdian kepada masyarakat bagi seluruh sivitas akademika.
  7. Kelompok Dosen, memiliki tugas melakukan pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan bidang keahliannya serta memberikan bimbingan kepada mahasiswa dalam rangka pengembangan penalaran, minat dan kepribadian mahasiswa.
  8. Bagian Admininistrai Akademik dan Kemahasiswaan, adalah unsur pelaksana di bidang administrasi akademik dan kemahasiswaan. Mempunyai tugas melaksanakan pelayanan teknis dan administrasi di bidang akademik dan kemahasiswaan.
  9. Bagian Administrasi Umum, adalah unsur pelaksana di bidang administrasi umum. Mempunyai tugas melaksanakan pelayanan administrasi di bidang kepegawaian, keuangan, ketatausahaan, perlengakapan, rumah tangga, keamanan dan asrama.
  10. Kelompok Tenaga Fungsional, adalah jabatan fungsional dosen, peneliti, pustakawan dan jabatan fungsional lainnya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  11. Dewan Penyantun, adalah tokoh-tokoh masyarakat yang diadakan untuk ikut membantu memberi saran dalam permasalahan STSN.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: